Home » » Kerusakan Pada Kulkas Dua Pintu

Kerusakan Pada Kulkas Dua Pintu

Kerusakan Pada Kulkas Dua PintuKulkas 2 pintu merupakan kulkas yang freezer (tempat untuk membuat es) & chiller (tempat menyimpan sayur dan buah) terletak diruangan yang berbeda dan menggunakan sistem refrigran yang lebih baik dibanding kulkas 1 pintu sebab ada beberapa tambahan pengaman seperti timer yang berfungsi untuk mengatur waktu nyala kompresor, heater perontok bunga es yang berfungsi sebagai defroz tetapi menggunakan elemen pemanas.
Kerusakan yang sering terjadi pada kulkas 2 pintu diantaranya:
  1. Kulkas Mati Total
    kulkas mati total adalah ketika semua komponen pada kulkas mati dalam waktu yang bersama-sama, hal ini disebabkan oleh aliran listrik yang tidak masuk pada komponen yang ada dalam kulkas. Untuk mengatasi hal tersebut pertama lakukan pengecekan kabel untuk memastikan kabel berfungsi dengan baik. Kemudian periksa fuse apakah masih berfungsi atau sudah rusak dengan menggunakan ohm meter (jika kedua ujung kabel ohm meter ditempelkan pada kedua pangkal fuse dan hambatannya mendekati nol maka fuse masih baik).
  2. Kulkas Tidak Dingin
    kulkas tidak dingin dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti: terjadi kebocoran refrigran, kompresor mengalami kerusakan, listrik tidak masuk ke kompresor, PTC rusak, overload rusak, buntu, pintu kulkas tidak tertutup rapat, timer rusak, kapasitor rusak, fan mati, dll. Untuk mengatasinya harus dilakukan pengecekan terhadap komponen-komponen tesebut untuk menemukan penyebab kerusakan.
  3. Freezer Dingin Tidak Merata
    freezer dingin tidak merata hal ini disebabkan oleh aliran refrigran yang tidak lancar karena disebabkan oleh beberapa hal seperti: tersumbatnya sistem refrigran, kompresor sudah tidak dapat bekerja maksimal, kekurangan oli, refrigran berkurang, terhambatnya pembuangan panas pada kondensor, evapurator kotor, suhu lingkungan yang terlalu tinggi, heater tidak berfungsi dengan baik sehingga bunga es menghalangi sirkulasi udara, dll. Untuk mengatasi hal ini purlu pengecekan menyeluruh terutama pada jalur sirkulasi refrigran sebab pada jalur sirkulasi refrigran sangan sering terjadi hal-hal yang menyebabkan freezer dingin tidak merata.
  4. Freezer Dingin Tidak Maksimal
    freezer dingin tidak maksimal biasanya ditandai dengan es yang ada pada freezer mencair dan tidak bisa membeku kembali hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya: terlalu banyak beban yang ada dalam freezer, pada evapurator terdapat oli/kotoran, pengatur suhu mengalami kerusakan, overload rusak, timer mengalami kerusakan sehingga tidak dapat mengatur nyala kompresor & heater secara tepat, dll. Hal ini dapat dipastikan dengan cara memeriksa setiap komponen yang berpeluang menyebabkan freezer dingin tidak maksimal.
  5. Chiller Tidak Dingin
    chiller tidak dingin dapat disebabkan oleh tersumbatnya saluran udara yang menghubungkan antara freezer dengan chiller oleh endapan kotoran sisa makanan atau bunga es karena timer dan heater tidak berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya bersihkan saluran udara yang menghubungkan antara freezer dan chiller kemudian periksa keadaan timer dan heater.
Itulah beberapa penyebab kerusakan kulkas 2 pintu yang paling sering terjadi.

"Zona Teknik" kami melayani perbaikan kulkas dua pintu yogyakarta atau kulkas satu pintu yogyakarta segala jenis dan merek.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Monday, 1 August 2011