Home » » Kompresor AC Ruang Mati Sendiri

Kompresor AC Ruang Mati Sendiri

Kompresor ac ruang sering mati sendiri padahal indoor unit dan blower outdoor unit menyala sehingga mengakibatkan ac ruang tidak dingin hal ini disebabkan oleh overload yang berfungsi untuk mengamankan kompresor dengan cara memutuskan arus listrik yang masuk kedalam kompresor apabila arus listrik yang masuk kedalam kompresor tinggi dan ketika temperatur kompresor tinggi. Berikut ini adalah penyebab kompresor ac ruang sering mati sendiri karena overload:
  1. Buntu Pada Sistem Refrigran
    terjadi kebuntuan pada sistem refrigran yang mengakibatkan refrigran tidak dapat bersikulasi dengan baik dan kompresor menjadi bekerja sangat keras. Kompresor yang bekerja sangat keras membutuhkan arus listrik yang lebih besar dan menimbulkan temperatur yang tinggi sehingga memicu overload untuk memutuskan arus listrik. Setelah beberapa saat overload dingin dan kembali mengalikan arus listrik lagi sehingga kompresor akan hidup-mati-hidup-mati dan seterusnya jika hal ini dibiarkan akan mengakibatkan kerusakkan pada kompresor.
  2. Kapasitor Lemah
    mengingat bahwa kapasitor pada ac ruang berfungsi sebagai runing kapasitor oleh karena itu ketika kapasitor lemah maka putaran rotor kompresor akan lemah terus-menerus sehingga mengakibatkan banyak energi listrik yang tidak berubah menjadi energi gerak tetapi malah menimbulkan energi panas yang berlebih sehingga mengakibatkan overload memutus arus listrik. Jika dibiarkan lilitan kompresor akan terbakar.
  3. Kekurangan dan Kelebihan Refrigran (Freon)
    refrigran atau yang sering disebut dengan freon apabila dalam sistem refrigran jumlah refrigran kurang dari standar maka akan menimbulkan panas yang berlebih pada kompresor, hal ini disebabkan oleh suhu dingin yang seharusnya sampai ke umjung akhir pipa hisap dan membantu mendinginkan kompresor tetapi karena refrigran kurang suhu dingin tidak sampai pada kompresor mengakibatkan temperatur kompresor semakin tinggi. Jika refrigran terlalu banyak maka refrigran yang masih berbentuk cair akan masuk kedalam kompresor dan terhisap oleh piston kompresor, kompresor dirancang untuk memompa gas sehingga ketika yang dipompa cairan kompresor akan bekerja lebih keras dan hal inilah yang memicu overload bekerja karena arus yang tinggi pada kompresor.
  4. Kompresor Kekurangan Oli
    oli kompresor merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kerja kompresor agar kerja kompresor lebih ringan karena adanya pelumasan oleh oli. Ketika oli kompresor yang ada pada tampungan oli kompresor berkurang hal ini menyebabkan kompresor bekerja lebih berat dari biasanya sebab kurangnya pelumasan oleh oli sehingga menimbulkan panas dan arus listrik yang tinggi sehingga akan memicu overload memutus arus listrik.
  5. Sirkulasi Udara Indoor Unit dan Outdoor Unit Kurang Baik
    sirkulasi udara yang kurang baik dapat disebabkan oleh blower/fan cooling tidak bekerja dengan baik dan kondensor/evapurator kotor. Sirkulasi udara yang kurang baik dapat menyebabkan proses penyerapan dan pembuangan panas tidak dapat maksimal sehingga kompresor bekerja lebih keras sehingga membutuhkan arus listrik yang lebih besar, hal inilah yang memicu overload memutuskan arus listrik.
  6. Overload Terlalu Sensitif
    overload merupakan komponen pengaman arus listrik dan panas yang berlebih yang terbuat dari bimetal, overload dapat menjadi sensitif apabila bimetal bergeser sehingga ketika terkena panas sedikit saja overload akan langsung memutus arus listrik.
Itulah beberapa hal penyebab kompresor ac ruang sering mati sendiri dan bagaimana kompresor ac ruang sering mati sendiri.

"Zona Teknik" kami melayani Perbaikan/Reparasi AC Split, AC Window dan AC Ruang lainnya.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Sabtu, 06 Agustus 2011

1 komentar: