Home » » Penyebab AC Tidak Dingin

Penyebab AC Tidak Dingin

Penyebab AC Tidak Dingin
Air conditioner merupakan alat yang berfungsi untuk menjaga temperatur sebuah ruangan agar selalu dalam kondisi nyaman untuk tubuh, dengan kata lain air conditioner ketika temperatur diluar ruangan tinggi berfungsi untuk menurunkan temperatur didalam ruangan. Berikut ini adalah beberapa penyebab ac tidak dapat mendinginkan ruangan yang sering terjadi kususnya pada sistem refrigran:
  1. Evaporator Kotor
    Evaporator merupakan komponen mesin pendingin yang berfungsi untuk menyerap panas dari dalam ruangan menuju luar ruangan dengan media refrigran sebagai perantara. Evaporator yang kotor akan mengakibatkan penyerapan panas tidak maksimal sebab sirkulasi udara terhalang oleh kotoran yang menempel pada evaporator. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan service cleaning untuk membersihkan evaporator.
  2. Kondensor Kotor
    Kondensor merupakan komponen dalam sebuah sistem refrigran yang berfungsi untuk membuang kalor yang telah diserap oleh refrigran melalui evaporator. Jika kondensor kotor menyebabkan udara tidak dapat melewati kondensor dengan baik maka temperatur pada kondensor akan terus naik sebab tidak terjadi perpindahan kalor dari refrigran ke lingkungan.
    Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan service cleaning untuk membersihkan kondensor.
  3. Refrigran Berkurang
    Refrigran atau yang sering disebut freon merupakan zat yang sangat penting dalam sistem refrigran sebab memiliki fungsi sebagai media untuk memindahkan hawa panas dari dalam ruangan menuju luar ruang. Maka dari itu ketika refrigran kurang akan mengakibatkan proses penyerapan panas tidak terjadi pada seluruh bagian evaporator sehingga mengakibatkan ac tidak dingin maksimal. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan penambahan freon, namun jika freon berkurang lebih dari setengah maka kemungkinan terjadi kebocoran.
  4. Kompresor Lemah
    Kompresor merupakan komponen yang paling berpengaruh dalam sistem pendingin sebab memiliki fungsi untuk mensirkulasikan refrigran sehingga dapat terjadi perpindahan kalor dari dalam ruangan menuju luar ruangan. Jika kompresor lemah akan mengakibatkan sirkulasi refrigran lebih lambat dari keadaan normal, sehingga mengakibatkan perpindahan kalor juga ikut lambat. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan perbaikan atau pengantian kompresor. Kompresor lemah dapat disebabkan oleh mekanik, lilitan atau komponen pendukung seperti oli dan kapasitor.
Demikianlah beberapa penyebab ac tidak dingin yang sering terjadi kususnya pada sistem refrigran.

Kami "Zona Teknik" melayani service dan reparasi ac tidak dingin yogyakarta.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Friday, 20 April 2012