Home » » Penyebab Bunga Es Pada Kulkas Dua Pintu

Penyebab Bunga Es Pada Kulkas Dua Pintu

Kulkas dua pintu merupakan kulkas yang telah dilengkapi dengan sistem untuk membersihkan bunga es pada evaporator. Pada kondisi normal kulkas dua pintu tidak akan menimbulkan bunga es yang berlebih hingga mengganggu proses pendinginan, sebab bunga es yang menghalangi sirkulasi udara mengakibatkan temperatur pada kulkas tidak merata. Berikut ini adalah penyebab terjadi bunga es pada kulkas dua pintu yang sering terjadi:
  1. Fan Tidak Berputar
    Fan mempunyai fungsi yang sangat penting dalam sirkulasi udara pada kulkas dua pintu, fan bekerja dengan cara menghisap udara bersuhu rendah pada sekitar evaporator kemudian dihembuskan ke dalam freezer. Ketika fan tidak dapat berfungsi dengan baik maka temperatur udara pada sekitar evaporator akan semakin rendah sehingga bunga es akan lebih cepat terbentuk.
  2. Defrost Heater Putus
    Defrost heater merupakan komponen yang sangat penting dalam proses mencairkan bunga es pada permukaan evaporator. Defrost heater bekerja dengan cara merubah energi listrik menjadi panas sehingga pada saat defrost heater bekerja maka temperatur pada sekitar evaporator akan naik dan menyebabkan bunga es mencair. Jika defrost heater tidak berfungsi dengan baik maka bunga es akan semakin banyak dan mengganggu sikulasi udara.
  3. Timer Tidak Berfungsi
    Timer mempunyai fungsi untuk mengatur kerja setiap komponen pada kulkas 2 pintu berdasarkan waktu. Oleh sebab itu jika timer tidak berfungsi dengan baik maka pengaturan nyala kompresor dan defrost heater tidak seimbang, sehingga menyebabkan bunga es yang berlebih atau kulkas tidak dingin.
  4. Defrost Thermostat Putus
    Defrost thermostat merupakan alat yang berfungsi untuk mendeteksi bunga es, jika defrost thermostat putus maka defrost heater tidak dapat bekerja sehingga mengakibatkan penumpukan bunga es yang berlebih.
Demikianlah penyebab bunga es pada kulkas dua pintu yang sering terjadi.

Kami "Zona Teknik" melayani segala macam kerusakan pada kulkas untuk wilayah yogyakarta dan sekitarnya.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Kamis, 31 Mei 2012

1 komentar: