Home » » Cara Mengisi Refrigran Pada AC Split

Cara Mengisi Refrigran Pada AC Split

Refrigran atau yang lebih sering disebut dengan freon merupakan bahan pendingin yang berfungsi sebagai media perpindahan panas dari dalam ruangan menuju luar ruangan. Pengisian freon pada ac split biasanya dilakukan apabila ac mengalami kerusakan pada sistem refrigran dan telah diperbaiki sehingga perlu dilakukan pengisian kembali. Berikut ini langkah-langkah pengisian freon atau refrigran jenis R-22 pada ac split dari kosong:
  1. Vacum sistem refrigran dengan cara memasang manifold dengan posisi selang warna biru terhubung dengan service valve ac, selang warna kuning terhubung dengan refrigran/freon, selang warna merah terhubung dengan pompa vacum. Setelah manifold terpasang dengan baik buka kran warna biru dan merah pada manifold kemudian nyalakan pompa vakum, setelah sistem refrigran vakum tutup kran warna merah pada manifold kemudian matikan pompa vakum.
  2. Setelah itu buka kran pada tabung refrigran untuk proses pengisian, kendalikan aliran refrigran sampai tekanan 60 psig kemudian nyalakan ac. Setelah kompresor menyala tekanan refrigran akan menurun, pertahankan tekanan pada 60 psig - 80 psig dengan cara menambahkan refrigran secara perlahan. Pengisian refrigran juga dapat dilakukan berdasarkan berat sesuai spesifikasi setiap jenis dan merk ac (lihat name plate).
  3. Setelah pengisian selesai tutup kran warna biru pada manifold, kemudian lepaskan manifold dan tutup kembali service valve.
Demikianlah cara mengisi freon pada ac split dari kosong atau kondisi dimana terdapat udara pada sistem refrigran.

Catatan:
  • Sistem refrigran vacum apabila telah mencapai -30 psig.
  • Pada saat proses pengisian pastikan arus listrik tidak melebihi yang tertera pada name plate.
  • Pengisian refrigran pada saat ac menyala harus berupa gas.

Kami melayani perbaikan sistem refrigran dan pengisian refrigran/freon.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Kamis, 28 Juni 2012

0 komentar:

Poskan Komentar