Home » » Penyebab Pencuci Mesin Cuci Dua Tabung Rusak

Penyebab Pencuci Mesin Cuci Dua Tabung Rusak

Mesin Cuci Dua Tabung
Mesin cuci 2 tabung merupakan mesin cuci yang pencuci (wash) dan pengering (spin) terpisah secara tabung dan sistem mekanik. Kerusakan yang sering terjadi pada pencuci diantaranya adalah:
  1. V Belt Putus
    V belt merupakan karet berbentuk cincin yang berfungsi menghubungkan rotor dengan gearbox sehingga putaran yang dihasilkan oleh motor dapat memutar gearbox pada bagian tabung pencuci.
  2. Lilitan Motor Wash Terbakar
    Motor wash merupakan motor kapasitor yang memiliki lilitan bantu dan lilitan utama yang sama, hal ini disebabkan karena motor wash harus bisa membalik putaran sehingga lilitan bantu bisa jadi lilitan utama dan lilitan utama bisa jadi lilitan bantu. Penyebab kerusakan yang sering timbul pada lilitan motor wash disebabkan faktor usia motor yang sudah cukup lama.
  3. Kapasitor Lemah
    Kapasitor merupakan komponen yang sangat penting pada motor, kapasitor memiliki fungsi membuat beda fasa antara lilitan utama dan lilitan bantu sehingga rotor motor wash memiliki arah putaran. Oleh sebab itu jika kapasitor lemah atau mati maka rotor motor wash tidak dapat berputar. Jika dibiarkan akan mengakibatkan lilitan motor wash terbakar.
  4. Klep Pembuangan Air Bocor
    Pada kondisi normal klep berfungsi untuk menahan air pada saat mencuci, namun jika klep rusak maka air akan mengalir pada saat mencuci. Penyebab klep menjadi bocor diantaranya karet klep sobek, karet klep aus, pegas klep patah karena berkarat.
Demikianlah beberapa hal penyebab wash mesin cuci dua tabung rusak, untuk informasi kerusakan yang lain dapat menghubungi kami.

Zona Teknik merupakan penyedia jasa reparasi dan service mesin cuci dua tabung jogja dan sekitarnya.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Jumat, 14 September 2012

6 komentar:

  1. Mesin cuci bagian pengering gak mau jalan, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. siahkan cek komponen-komponen diatas

      Hapus
    2. Mesin cuci tidak mau berhenti berputar walaupun timer sudah posisi off dan putarannya tidak bisa bolak-balik, kenapa ya? Apakah kapasitor tidak berfungsi?

      Hapus
  2. Mohon tanya Pak, v-belt yang digunakan apakah sama dengan v-belt yang umum digunakan oleh motor/mobil? Kalau iya, saya cukup cari di bengkel atau mungkin ada rekomendasi dari Bapak.
    Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting ukurannya sama, v-belt yang lama bisa dilepas dan diukur

      Hapus