Home » » Penyebab Blower Indoor AC Split Rusak

Penyebab Blower Indoor AC Split Rusak

Blower Indoor AC Split
Blower Indoor AC Split
Blower Indoor atau sering disebut juga fan indoor merupakan alat yang berfungsi untuk membantu sirkulasi udara agar udara yang bersuhu tinggi dapat melewati evaporator sehingga evaporator dapat menyerap suhu tinggi tersebut. Jika blower indoor tidak berfungsi dengan baik maka udara tidak dapat bersirkulasi sehingga mengakibatkan temperatur evaporator menjadi sangat rendah. Hal ini mengakibatkan embun yang seharusnya mengalir menjadi beku. Berikut beberapa penyebab blower indoor tidak dapat berfungsi dengan baik:
  1. Motor Blower Rusak
    Motor blower merupakan motor penggerak blower sehingga blower dapat berputar, kerusakan motor blower yang sering terjadi adalah kapasitor mati/lemah, laher/bearing aus, dan lilitan motor blower terbakar.
  2. Daun Blower Rusak
    Daun blower atau sirip blower merupakan bagian yang sangat penting pada blower sehingga jika terjadi kerusakan seperti patah atau korosi akan mengakibatkan fungsi blower menjadi tidak maksimal.
  3. Poros Blower Bengkok
    Poros blower yang terbuat dari logan karena usia yang sudah lama atau karena faktor perawatan yang kurang berpotensi menjadi bengkok sehingga mengakibatkan putaran blower tidak setabil.
  4. Blower Kotor
    Udara pada ruangan yang mengandung debu akan mengakibatkan blower menjadi kotor sehingga menyebabkan jarak antara daun blower menjadi lebih sempit dan akan mengurangi kemampuan blower dalam mensirkulasikan udara.
Demikianlah beberapa penyebab kerusakan blower indoor yang sering terjadi pada ac ruang, blower indoor merupakan bagian penting dalam ac ruang untuk itu jika terjadi kerusahakan sebaiknya segera diperbaiki untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Minggu, 02 Desember 2012

0 komentar:

Poskan Komentar