Home » » Fungsi Fan Pada Kulkas Dua Pintu

Fungsi Fan Pada Kulkas Dua Pintu

Kulkas dua pintu merupakan kulkas yang bagian pembeku atau freezer terpisah dengan bagian penyimpanan sayur/buah, sehingga kulkas dua pintu memerlukan bantuan fan untuk mensirkulasikan suhu dingin dari evaporator ke seluruh bagian kulkas. Selain fungsi utama fan untuk mensirkulasikan udara dalam kulkas, fan juga berfungsi mencegah gumpalan es pada evaporator sebab tanpa adanya fan maka suhu dingin akan terkumpul pada evaporator saja. Berikut ini adalah beberapa akibat yang disebabkan kerusakan fan pada kulkas dua pintu:
  1. Terjadi penggumpalan bunga es pada freezer hingga terlihat didalam ruang freezer sehingga selain mengganggu juga mempersempit ruang freezer.
  2. Mengakibatkan seluruh bagian kulkas kurang dingin karena hawa dingin tidak dapat bersirkulasi dan hanya menghasilkan bunga es yang justru menyumbat lubang udara.
  3. Fan yang tidak berfungsi akan mengakibatkan bunga es yang berlebih sehingga menekan heater yang terbuat dari tabung kaca, jika dibiarkan bunga es akan semakin banyak dan mengakibatkan tabung heater pecah karena tertekan oleh bunga es.
Demikianlah beberapa akibat yang ditimbulkan oleh fan yang tidak bekerja dengan baik. Penyebab fan tidak bekerja dapat disebabkan oleh tombol pintu yang ruasak atau motor fan itu sendiri.
Posted by: Zona Teknik Updated at : Minggu, 20 Januari 2013

0 komentar:

Poskan Komentar