Fungsi Overload Pada Refrigerator

Fungsi Overload Pada Refrigerator

Overload merupakan bagian dari refrigerator yang sangat penting yang memiliki fungsi sebagai pelindung kompresor dari beban lebih, listrik yang tidak stabil dan panas yang berlebih sehingga dengan adanya overload usia kompresor akan lebih panjang. Pemasangan overload pada refrigerator seperti kulkas atau freezer biasanya menempel pada kompresor hal ini bertujuan agar overload lebih sensitif terhadap temperatur kompresor. Kerusakan oveload mengakibatkan kerja kompresor menjadi terganggu, berikut ini beberapa kerusakan pada overload:

  1. Overload Putus
    Jika overload putus akan mengakibatkan kompresor tidak dapat bekerja karena tidak mendapat suplay listrik. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan penggantian oveload agar kompresor dapat bekerja kembali.
  2. Platina Overload Kotor
    Platina/bimetal overload merupakan bagian dari overload yang berfungsi sebagai saklar, jika ujung platina kotor akan mengakibatkan aliran listrik terhambat atau tidak dapat mengalir.
  3. Overload Short
    Overload short merupakan kondisi dimana platina/bimetal sudah tidak berfungsi kembali dan dalam keadaan terhubung sehingga kompresor akan mendapatkan aliran listrik walau dalam keadaan beban lebih, listrik yang tidak stabil atau panas yang berlebih.

Overload pada refrigrator memiliki dua jenis yaitu internal overload merupakan overload yang terletak didalam kompresor dan external overload yang terletak diluar kompresor, pada dasarnya fungsi kedua jenis overload tersebut adalah sama.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *