Fungsi Positive Temperature Coefficient Pada Kulkas

Fungsi Positive Temperature Coefficient Pada Kulkas

Positive Temperature Coefficient atau yang sering disingkat menjadi PTC merupakan alat yang biasa terpasang pada terminal kompresor yang berfungsi sebagai relay yang bekerja berdasarkan temperatur, jika temperatur naik maka nilai resistansi akan naik atau dengan kata lain ketika temperatur pada PTC naik maka listrik yang mengalir akan terputus. Pemakaian PTC pada kulkas berfungsi untuk mengendalikan aliran listrik yang masuk kedalam lilitan bantu, pada saat kulkas belum bekerja nilai resistansi PTC rendah sebab temperatur PTC masih sama dengan lingkungan sehingga arus listrik yang mengalir pada lilitan dapat menimbulkan kutub bantu yang kuat, ketika arus listrik mengalir melewati PTC maka nilai resistansi PTC akan naik seiring bertambahnya temperatur pada PTC dan pada waktu yang sama putaran rotor kompresor akan semakin cepat dan sampai pada kecepatan maksimal. Pada saat rotor berputar dengan maksimal nilai resistansi akan sangat tinggi sehingga yang mendapat aliran listrik hanya lilitan utama.

Kerusakan yang sering terjadi pada PTC diantaranya adalah kepingan PTC pecah dan nilai resistansi PTC telah jenuh hal ini disebabkan oleh perubahan suhu yang berulang-ulang.

Ciri-ciri yang ditimbulkan akibat PTC rusak adalah lilitan bantu tidak mendapatkan aliran listrik sehingga rotor kompresor tidak dapat berputar atau sebaliknya lilitan bantu mendapatkan aliran listrik secara terus menerus sehingga dapat mengakibatkan kerusakan pada lilitan bantu.

Demikianlah fungsi PTC pada kulkas semoga bermanfaat.

Kami “Zona Teknik” melayani service dan reparasi kulkas untuk daerah yogyakarta dan sekitarnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *