FAQ 

Kenapa Freon Berkurang?

Refrigerant atau yang lebih sering disebut freon merupakan zat pada ac yang berfungsi sebagai media perpindahan kalor/panas dari dalam ruangan menuju luar ruangan. Secara teori freon dalam sistem refrigerant tertutup tidak akan mengalami penyusutan maupun pengurangan, namun dilapangan ada beberapa faktor yang menyebabkan freon menjadi berkurang:

  • Penguapan pada sambungan pipa, salah satu penyebab freon berkurang yang paling sering terjadi adalah adanya penguapan melalui sambungan antara indoor-dengan pipa dan pipa-outdoor, hal ini bisa terjadi karena sambungan yang kurang kencang atau pipa yang pecah.
  • Adanya kebocoran pada unit indoor atau outdoor, kebocoran pada unit ac biasanya disebabkan korosi pada evaporator atau kondensor karena pemakaian yang sudah lama.

Demikianlah faktor yang sering menjadi penyebab freon dapat berkurang atau habis, untuk solusi penanganan bisa memilih opsi sebagai berikut:

  1. Penambahan freon, solusi ini bisa diambil apabila freon yang terbuang tidak terlalu banyak dan dalam jangka waktu yang lama. Misalnya unit ac yang telah dipakai selama 2 tahun mengalami kekurangan freon secara perlahan sebanyak 20% dan setelah dicek secara menyeluruh tidak ada indikasi kebocoran maka penambahan freon jauh lebih efisien dari pada unit ac langsung dibongkar untuk perbaikan kebocoran, karena biaya perbaikan kebocoran bisa berkali lipat dari pada penambahan freon.
  2. Perbaikan kebocoran, langkah ini bisa dipilih apabila freon berkurang secara signifikan dalam jangka waktu pendek. Contohnya unit ac telah ditambah freon dan dalam jangka waktu 1 bulan sudah berkurang 50%. Jika hal tersebut terjadi sebaiknya unit ac dicek secara lebih menyeluruh dan diperbaiki.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *