FAQ 

Kenapa Kompresor AC Bisa Mati?

Kompresor merupakan komponen utama pada sistem refrigerant yang mempunyai fungsi mensirkulasikan freon. Cara kerja kompresor adalah freon dalam sistem dipompa sehingga mengalir dari unit outdoor menuju unit indoor dan kembali ke unit outdoor. Kompresor ac yang rusak menyebabkan unit AC tidak bekerja dengan baik menghasilkan pendinginan ruangan, oleh sebab itu fungsi kompresor sangat penting pada AC.

Faktor Penyebab Kompresor Mati

Kompresor AC
Kompresor AC
  1. Komponen Overload Rusak, Overload merupakan komponen yang fungsi sebagai pengaman beban lebih dan pengaman arus lebih dengan cara memutuskan aliran listrik yang masuk ke kompresor. Kerusakan yang sering terjadi pada overload adalah terbakar atau korosi sehingga aliran listrik menuju kompresor terputus.
  2. Kapasitor Kompresor Rusak, kapasitor merupakan komponen pendukung kompresor yang memiliki fungsi membantu putaran kompresor, apabila kapasitor mengalami kerusakan maka akan mengakibatkan kompresor gagal berputar/bekerja. Ciri-ciri kapasitor mengalami kerusakan adalah keluarnya cairan dari dalam kapasitor atau menurunnya kapasitas kapasitor tersebut. Tanda yang muncul ketika kapasitor rusak adalah dengungan yang keluar dari kompresor, bunyi tersebut timbul karena kompresor gagal berputar/bekerja.
  3. Kompresor AC Rusak, kompresor sebagai komponen utama dapat mengalami kerusakan dikarenakan faktor usia pakai, sirkulasi freon yang terhambat, kekurangan oli, dan tegangan listrik yang tidak sesuai. Ciri-ciri kompresor mengalami kerusakan adalah munculnya bunyi yang sangat keras dari kompresor atau kompresor tidak hidup sama sekali. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah macet, lilitan terbakar, kompresi lemah, dan overheat.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *