Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split

Penyebab Getaran Pada Indoor AC Split

Indoor unit merupakan bagian dari ac split yang terletak didalam ruangan oleh sebab itu indoor unit harus bebas dari getaran atau bunyi sehingga tidak menggangu kenyamanan dalam ruangan. Tetapi ada beberapa penyebab kenapa indoor unit ac split bergetar dan berbunyi:

  • Penyebab Indoor Unit Bergetar
    1. Penyebab yang paling sering terjadi adalah laher/bearing pada motor fan indoor pecah/aus sehingga putaran menjadi tidak setabil dan mengakibatkan getaran. Penyebab laher/bearing pecah/aus biasanya karena usia unit ac yang sudah lama. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan penggantian laher/bearing sehingga putaran menjadi halus.
    2. Penyebab lain getaran pada indoor unit adalah poros blower indoor bengkok sehingga putaran menjadi tidak setabil dan menimbulkan getaran. Biasanya poros blower menjadi bengkok karena tersangkut oleh bunga es pada evaporator. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan perbaikan/penggantian blower indoor unit.
    3. Getaran pada indoor unit juga dapat disebabkan oleh cover indoor unit tidak terpasang dengan baik sehingga ketika motor fan berputar cover indoor unit bergetar. Penyebab cover indoor tidak terpasang dengan baik biasanya karena skrup yang berfungsi menahan indoor sudah berkarat dan hancur sehingga cover indoor tidak terpasang dengan baik.
  • Penyebab Indoor Unit Berbunyi
    1. Salah satu penyebab indoor unit mengeluarkan bunyi karena pelumas pada bearing/laher sudah kering sehingga terjadi gesekan yang menimbulkan bunyi berisik pada indoor unit. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pelumasan/penggantian bearing/laher.
    2. Penyebab lain bunyi pada indoor unit disebabkan oleh gesekan antara blower dengan body indoor unit. Hal ini bisa terjadi karena blower bergeser dari posisi yang seharusnya.

Demikianlah penyebab getaran dan bunyi pada indoor ac split yang sering terjadi.

Zona Teknik melayani perbaikan segala kerusakan pada ac split dan mesin pendingin lainnya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *