Penyebab Remot AC Tidak Berfungsi Dengan Baik

Remot merupakan alat yang berfungsi untuk mengontrol kerja ac. Diantara memiliki fungsi untuk merubah temperatur, merubah kecepatan fan, dan merubah pergerakan daun swing.
Selain itu remot juga berguna untuk mempermudah dalam pengoperasionalan ac sehingga jika remot ac tidak berfungsi dengan baik maka hal ini akan mengakibatkan ac tidak dapat di operasionalkan.
Berikut ini beberapa kerusakan yang paling sering terjadi pada remot ac sehingga remot ac tidak dapat berfungsi dengan baik.

Penyebab Remot AC Tidak Berfungsi Dengan Baik

  1. Transmiter Mengalami Kerusakan
    Transmiter merupakan komponen pada remot ac yang terletak pada bagian atas remot, transmiter memiliki fungsi mengirimkan sinyal pada ac. Kerusakan yang sering terjadi pada transmiter adalah mati total, pecah, atau kaki transmiter patah.
  2. PCB Remot AC Kotor
    PCB remot ac merupakan bagian yang sangat penting pada remot ac sehingga jika kotor akan menghambat kinerja remot ac. Kerusakan yang ditimbulkan karena pcb kotor bisa berupa tidak berfungsinya tombol sebagian ataupun keseluruhan, tidak dapat mengirim sinyal dengan baik. Pcb menjadi kotor biasanya dikarenakan debu atau terkena cairan.
  3. Layar Remot AC Tidak Terlihat
    Layar remot ac merupakan display yang menunjukan setelan/perintah untuk ac. Sehingga jika layar remot ac mengalami kerusakan akan mengakibatkan setelan/perintah tidak terlihat. Biasanya layar remot ac mengalami kerusakan karena terjatuh atau terkena cairan.
  4. Baterai Kehabisan Daya
    Baterai merupakan suplay energi untuk remot ac, sehingga jika daya pada baterai telah habis maka remot ac tidak dapat berfungsi. Biasanya baterai akan bertahan sekitar 1 sd 3 tahun tergantung kualitas dan pemakaian baterai.
  5. Reciver Mengalami Kerusakan
    Reciver merupakan komponen yang terletak pada unit ac, jika transmiter memiliki fungsi untuk mengirim sinyal maka reciver memiliki fungsi untuk menerima sinyal. Jika reciver mengalami kerusakan maka sinyal yang dikirimkan tidak akan bisa diterima oleh ac. Penyebab kerusakan reciver biasanya adalah tegangan listrik yang tidak stabil dan faktor usia.

Demikianlah beberapa penyebab kerusakan yang terjadi pada remot ac. Mengingat sangat pentingnya fungsi remot ac alangkah baiknya remot ac disimpan pada tempat yang aman untuk menghindari kerusakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *